Tuesday, January 12, 2016

Contoh Laporan PKL atau PRAKERIN TKJ

KATA PENGANTAR



Buku Laporan Praktik Kerja Lapangan ini disusun agar dapat memberikan hasil laporan Praktik Kerja Lapangan kami yang telah dilaksanakan selama 3 Bulan, sehingga segala hasil Praktik Kerja Lapangan kami tertuang dalam buku Laporan Praktik Kerja Lapangan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman hasil Praktik Kerja Lapangan kepada Sekolah, Institusi tempat siswa Praktik Kerja Lapangan, Guru Pembimbing, Pembimbing Institusi tempat siswa Praktik Kerja Lapangan, siswa Praktik Kerja Lapangan dan Pokja Prakerin PKL.

Buku Laporan Praktik Kerja Lapangan ini secara garis besar memuat:

1.      Latar Belakang
2.      Pelaksanaan PKL
3.      Temuan
4.      Manfaat yang diperoleh dan dirasakan
5.      Penutup
6.      Lampiran-Lampiran

Mudah-mudahan laporan ini bermanfaat, dan semoga buku ini bisa menjadi
motivasi bagi kami untuk mencapai segala cita-cita kami dan menjadi tenaga kerja yang profesional dan memenuhi standar kompetensi di masa depan nanti.


           Banyumas, 25September 2015           
Tim Penyusun



Siswa PKL
SMK Negeri ***



DAFTAR ISI
Halaman Judul .......................................................................................................  i
Halaman Persetujuan .............................................................................................  ii
Halaman Pengesahan .............................................................................................  iii
Kata Pengantar ......................................................................................................  iv
Daftar Isi ................................................................................................................  v
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ............................................................................................  1
B.     Tujuan ..........................................................................................................  2

BAB II PELAKSANAAN PKL
A.    Waktu dan Tempat PKL ............................................................................  4
B.     Jenis Pekerjaan yang Dilakukan .................................................................  4
C.     Hasil yang Dicapai .....................................................................................  4
BAB III TEMUAN
A.     FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT    ............................. 6
1.  Faktor Pendukung................................................................................. 6
2.  Faktor Penghambat................................................................................ 6
B.   MANFAAT YANG DIPEROLEH/DIRASAKAN................................. 6
C.  PENGEMBANGAN DI MASYARAKAT............................................... 7
BAB IV PENUTUP
A.  KESIMPULAN........................................................................................ 8
B. KESAN...................................................................................................... 8
C. SARAN...................................................................................................... 8
Lampiran......................................................................................................... 10



BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang
                       
            Program PKL merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter dimana peserta didik sebagai sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga, maupun lingkungan masyarakat. Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.
            Program PKL disusun berdasarkan kerjasama antara sekolah dan masyarakat (dunia kerja) dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan SMK.
            Ada 3 alasan yang mendasar perlunya penerapan Praktik Kerja Lapangan di Sekolah Menengah Kejuruan yaitu:
1.      Kehidupan global yang transparan dan menuntut jati diri bangsa dalam hubungan dengan negara-negara lain.
2.      Persaingan yangsemakin ketat hingga memerlukan profesionalisme yang tinggi dalam penguasaan IPTEK tepat guna dalam berbagai aspek kehidupan yang dilandasi dengan Iman dan Taqwa.
3.      Saling ketergantungan yang tidak dapat dihindari, sehingga menuntut kemitraan yang luas.
Proses pelatihan di Dunia Usaha dilakukan agar peserta didik mampu
menguasai kompetensi terstandar pada bidangnya,karena keahlian profesional hanya dapat dikuasai  melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu yang ada di Dunia Usaha.
            Oleh sebab itu, SMK yang menerapkan kurikulum 2013 memiliki ciri antara lain :
1.      Materi/ bahan pembelajaran didasarkan atas pertimbangan tuntutan pencapaian kemampuan kerja yang diperoleh melalui analisis pekerjaan.
2.      Kegiatan pembelajaran lebih mengutamakan pada prinsip belajar melalui perbuatan (learning by doing).
3.      Kegiatan pembelajaran tidak hanya disekolah tetapi mengutamakan dalam bentuk kerja langsung di Dunia Usaha /Dunia Industri tempat PKL.
4.      Keberhasilan belajar siswa ditetapkan oleh suatu tingkat penguasaan kompetensi yang dipersyaratkan oleh lapangan kerja.
Praktik Kerja Lapangan juga merupakan salah satu bentuk
penyelenggaraan pendidikan yang merupakan program wajib di SMK Negeri         1 Banyumas yang ditetapkan berdasarkan :
1.      Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.      Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan.
3.      Program Kerja Waka Hubungan Industri.


Adapun konsep dasar pelaksanaan kegiatana Praktik Kerja Lapangan
            adalah sebagai berikut :

1.      Kegiatan Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan pengikat, perangkum dan pendukung terhadap kegiatan kurikuler, utamanya tehadap pelajaran Produktif yang mengembangkan bidang keahlian.
2.      Kegiatan Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang mengacu pada Program Keahlian dan praktis yang seimbang. Selain siswa belajar dari sekolah, diharapkan pula dapat memperoleh pengalaman kerja langsung dari Dunia Kerja yang sesungguhnya.
3.      Kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini dilaksanakan pada komunitas Dunia Usaha dan Dunia Industri.
4.      Pembimbingan dilakukan oleh Guru Pembimbing dari pihak Sekolah dan Pembimbing Institusi dari pihak Institusi Pasangan tempat siswa Praktik Kerja Lapangan.

B.        TUJUAN
                       
1.      Tujuan Praktek Kerja Lapangan

Secara umum tujuan Praktek Kerja Lapangan untuk memberikan  gambaran kepada siswa/siswi pada saat bekerja, baik si suatu perusahaan maupun lembaga instansi.
Sedangkan secara khusus Praktik Kerja Lapangan Bertujuan antara lain sebagai berikut :
1.      Mencetak calon tenaga kerja tingkat menengah.
2.      Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-masing siswa/siswi.
3.      Melatih keterampilan yang dimiliki siswa/i sehingga dapat bekerja dengan baik.
4.      Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
5.      Menambah kreatifitas siswa/i agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
6.      Memberikan motivasi sehingga siswa/siswi bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.
Melatih siswa/siswi agar dapat membuat suatu laporan yang terperinci dari apa saja yang mereka kerjakan selama Praktek Kerja Industri.





BAB II
PELAKSANAAN PKL

A.        WAKTU DAN TEMPAT PKL
                        Waktu kami pertama kali PKL pada tanggal 22 Juni 2015 dan terakhir
PKL pada tanggal 22 September 2015 kurang lebih 3 bulan. Untuk hari kerja kami yaitu selama 6 hari dalam 1 minggu, dari hari Senin- Kamis dan hari Senin-Sabtu, untuk hari Jum’at dan Minggu adalah hari libur kami. Untuk jam kerja kami seluruhnya yaitu dari jam 08.00 WIB dan selesai  jam 21.00 WIB tetapi kami dibagi menjadi dua sift yaitu sift pagi dan shift siang. Shift pagi dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB, dan shift siang dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.
                        Untuk tempat PKL kami yaitu X-SIST COMPUTER yang berada di Jln. dr. Soeparno no 118 Kelurahan Karangwangkal, Purwokerto, Jawa Tengah.

B.        JENIS PEKERJAAN YANG DILAKUKAN

Untuk pekerjaan yang kami lakukan yaitu setiap siswa PKL memiliki tugasnya masing-masing, rinciannya sebagai berikut :
o   Melayani pelanggan yang datang
o   Menginstall Laptop/PC
o   Membersihkan bagian dalam Laptop/PC
o   Mengambil dan mengantarkan barang-barang milik konsumen
o   Memperbaiki printer
o   Merakit komputer pesanan
o   Memasang dan mensetting CCTV
o   Mengecek jumlah barang persediaan (Stock Opname)
                        Sekilas tugas kami di X-SIST Computer Purwokerto masih banyak rincian yang lain dan dapat dilihat dalam lampiran Jurnal Praktik Kerja Lapangan.

C.        HASIL YANG DICAPAI
                        Selama melaksanakan PKL Khususnya di X-Sist Computer Purwokerto kami memperoleh hasil antara lain :
Dapat mengerti, memahami, dan ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Download Versi Selengkapnya Di sini Laporan PKL/PRAKERIN TKJ.Docx [Link Google Drive]

TERIMAKASIH :)

No comments:

Post a Comment