KATA
PENGANTAR
Buku Laporan Praktik Kerja Lapangan ini disusun
agar dapat memberikan hasil laporan Praktik Kerja Lapangan kami yang telah
dilaksanakan selama 3 Bulan, sehingga segala hasil Praktik Kerja Lapangan kami
tertuang dalam buku Laporan Praktik Kerja Lapangan ini diharapkan dapat
memberikan pemahaman hasil Praktik Kerja Lapangan kepada Sekolah, Institusi
tempat siswa Praktik Kerja Lapangan, Guru Pembimbing, Pembimbing Institusi
tempat siswa Praktik Kerja Lapangan, siswa Praktik Kerja Lapangan dan Pokja
Prakerin PKL.
Buku Laporan Praktik Kerja Lapangan ini
secara garis besar memuat:
1. Latar
Belakang
2. Pelaksanaan
PKL
3. Temuan
4. Manfaat
yang diperoleh dan dirasakan
5. Penutup
6. Lampiran-Lampiran
Mudah-mudahan
laporan ini bermanfaat, dan semoga buku ini bisa menjadi
motivasi
bagi kami untuk mencapai segala cita-cita kami dan menjadi tenaga kerja yang
profesional dan memenuhi standar kompetensi di masa depan nanti.
Banyumas, 25September 2015
Tim Penyusun
Siswa
PKL
SMK Negeri ***
DAFTAR ISI
Halaman
Judul ....................................................................................................... i
Halaman
Persetujuan ............................................................................................. ii
Halaman
Pengesahan ............................................................................................. iii
Kata
Pengantar ...................................................................................................... iv
Daftar
Isi ................................................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ............................................................................................ 1
B.
Tujuan
.......................................................................................................... 2
BAB II PELAKSANAAN PKL
A. Waktu
dan Tempat
PKL ............................................................................ 4
B. Jenis
Pekerjaan yang Dilakukan
................................................................. 4
C. Hasil
yang Dicapai ..................................................................................... 4
BAB
III TEMUAN
A.
FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT .............................
6
1. Faktor Pendukung.................................................................................
6
2. Faktor Penghambat................................................................................
6
B. MANFAAT YANG DIPEROLEH/DIRASAKAN................................. 6
C. PENGEMBANGAN DI MASYARAKAT...............................................
7
BAB
IV PENUTUP
A. KESIMPULAN........................................................................................ 8
B.
KESAN......................................................................................................
8
C.
SARAN......................................................................................................
8
Lampiran......................................................................................................... 10
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Program PKL merupakan suatu proses
pengembangan potensi dan pembangunan karakter dimana peserta didik sebagai
sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga, maupun
lingkungan masyarakat. Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang
mengandung serangkaian kegiatan dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan
penilaian.
Program PKL disusun berdasarkan
kerjasama antara sekolah dan masyarakat (dunia kerja) dalam rangka memenuhi
kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap
pengembangan program pendidikan SMK.
Ada 3 alasan yang mendasar perlunya
penerapan Praktik Kerja Lapangan di Sekolah Menengah Kejuruan yaitu:
1. Kehidupan global yang transparan
dan menuntut jati diri bangsa dalam hubungan dengan negara-negara lain.
2. Persaingan yangsemakin ketat hingga
memerlukan profesionalisme yang tinggi dalam penguasaan IPTEK tepat guna dalam
berbagai aspek kehidupan yang dilandasi dengan Iman dan Taqwa.
3. Saling ketergantungan yang tidak
dapat dihindari, sehingga menuntut kemitraan yang luas.
Proses pelatihan di Dunia Usaha dilakukan agar
peserta didik mampu
menguasai
kompetensi terstandar pada bidangnya,karena keahlian profesional hanya dapat
dikuasai melalui cara mengerjakan
langsung pekerjaan pada bidang profesi itu yang ada di Dunia Usaha.
Oleh sebab itu, SMK yang menerapkan
kurikulum 2013 memiliki ciri antara lain :
1. Materi/
bahan pembelajaran didasarkan atas pertimbangan tuntutan pencapaian kemampuan
kerja yang diperoleh melalui analisis pekerjaan.
2. Kegiatan
pembelajaran lebih mengutamakan pada prinsip belajar melalui perbuatan
(learning by doing).
3. Kegiatan
pembelajaran tidak hanya disekolah tetapi mengutamakan dalam bentuk kerja
langsung di Dunia Usaha /Dunia Industri tempat PKL.
4. Keberhasilan
belajar siswa ditetapkan oleh suatu tingkat penguasaan kompetensi yang
dipersyaratkan oleh lapangan kerja.
Praktik Kerja Lapangan juga merupakan salah satu
bentuk
penyelenggaraan pendidikan yang
merupakan program wajib di SMK Negeri 1
Banyumas yang ditetapkan berdasarkan :
1. Undang
– Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013
Sekolah Menengah Kejuruan.
3. Program
Kerja Waka Hubungan Industri.
Adapun konsep dasar pelaksanaan kegiatana Praktik
Kerja Lapangan
adalah sebagai berikut :
1. Kegiatan
Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan pengikat, perangkum dan pendukung terhadap
kegiatan kurikuler, utamanya tehadap pelajaran Produktif yang mengembangkan
bidang keahlian.
2. Kegiatan
Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang mengacu pada Program Keahlian
dan praktis yang seimbang. Selain siswa belajar dari sekolah, diharapkan pula
dapat memperoleh pengalaman kerja langsung dari Dunia Kerja yang sesungguhnya.
3. Kegiatan
Praktik Kerja Lapangan ini dilaksanakan pada komunitas Dunia Usaha dan Dunia
Industri.
4. Pembimbingan
dilakukan oleh Guru Pembimbing dari pihak Sekolah dan Pembimbing Institusi dari
pihak Institusi Pasangan tempat siswa Praktik Kerja Lapangan.
B. TUJUAN
1.
Tujuan
Praktek Kerja Lapangan
Secara
umum tujuan Praktek Kerja Lapangan untuk memberikan gambaran kepada siswa/siswi pada saat
bekerja, baik si suatu perusahaan maupun lembaga instansi.
Sedangkan secara
khusus Praktik Kerja Lapangan Bertujuan antara lain sebagai berikut :
1. Mencetak
calon tenaga kerja tingkat menengah.
2. Dapat
menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-masing
siswa/siswi.
3. Melatih
keterampilan yang dimiliki siswa/i sehingga dapat bekerja dengan baik.
4. Melahirkan
sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat
bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
5. Menambah
kreatifitas siswa/i agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
6. Memberikan
motivasi sehingga siswa/siswi bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.
Melatih siswa/siswi agar dapat membuat suatu laporan
yang terperinci dari apa saja yang mereka kerjakan selama Praktek Kerja Industri.
BAB
II
PELAKSANAAN
PKL
A. WAKTU DAN TEMPAT PKL
Waktu kami pertama kali PKL pada tanggal 22 Juni
2015 dan terakhir
PKL
pada tanggal 22 September
2015 kurang
lebih 3 bulan.
Untuk hari kerja kami yaitu selama 6 hari dalam 1 minggu, dari hari Senin-
Kamis dan hari Senin-Sabtu, untuk hari Jum’at
dan Minggu adalah hari libur kami. Untuk jam kerja kami seluruhnya
yaitu dari jam 08.00 WIB dan selesai jam
21.00
WIB tetapi kami dibagi menjadi dua sift
yaitu sift pagi dan shift siang. Shift pagi dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB, dan
shift siang dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.
Untuk tempat PKL kami yaitu X-SIST COMPUTER
yang berada di Jln. dr. Soeparno no 118 Kelurahan Karangwangkal, Purwokerto, Jawa Tengah.
B. JENIS PEKERJAAN YANG DILAKUKAN
Untuk pekerjaan
yang kami lakukan yaitu setiap siswa PKL memiliki tugasnya masing-masing,
rinciannya sebagai berikut :
o
Melayani
pelanggan yang datang
o
Menginstall
Laptop/PC
o
Membersihkan
bagian dalam Laptop/PC
o
Mengambil
dan mengantarkan barang-barang milik konsumen
o
Memperbaiki
printer
o
Merakit
komputer pesanan
o
Memasang
dan mensetting CCTV
o
Mengecek
jumlah barang persediaan (Stock
Opname)
Sekilas tugas kami di X-SIST Computer
Purwokerto masih banyak rincian yang lain dan dapat dilihat dalam lampiran Jurnal
Praktik Kerja Lapangan.
C. HASIL
YANG DICAPAI
Selama melaksanakan PKL
Khususnya di X-Sist Computer Purwokerto
kami memperoleh hasil antara lain :
Dapat mengerti, memahami, dan ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Download Versi Selengkapnya Di sini Laporan PKL/PRAKERIN TKJ.Docx [Link Google Drive]TERIMAKASIH :)
No comments:
Post a Comment